Komputer Restart Sendiri

on May 08, 2012

Ketika sedang asyik ngerjain tugas, ngegame, browsing atau aktifitas lainnya komputer atau laptop bisa saja langsung mati begitu saja atau restart mendadak. Hal ini tentu memancing emosi bagi penggunanya. Apalagi bagi orang yang belum berpengalaman akan komputer, tentu orang tersebut pasti bingung, dan bertanya-tanya ada kesalahan apa, apa yang sedang terjadi. Atau mungkin orang awam yang sedang menggunakan laptop milik temannya, pasti akan membuatnya takut.
Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan dan pengalaman pribadi juga, berikut adalah penyebab dan tipe-trick mengatasi komputer restart sendiri.
Yang terpenting adalah listrik, yaitu voltase dan tegangannya. Tegangannya nggak boleh kurang dari 220V. Kalau kurang dari batas ketetuan tersebut bisa dipastikan komputer akan restart terus menerus. Dampaknya dapat menyerang hardisk, motherboard, memori dan perangkat keras lainnya. It’s so disaster, right? Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat menambah stabilizer atau stavolt.
Yang kedua, power supply juga dapat membengaruhi loh… power supply yang rusak akan mengalirkan listrik dengan tidak sempurnya. Sebagai solusinya, Anda bisa mendeteksinya dengan memasang kipas yang berlampu, sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah power supply nya masih bisa dipertahankan atau tidak. Cirinya, jika lampunya berkedip-kedip, nah itu dia tidak lain tidak bukan sudah minta diganti.
Saat menjalan aplikasi yang besar, seperti game yang berkapasitas besar dan banyaknya program yang diisntal juga dapat menyebabkan komputer restart sendiri. Mengapa demikian? Hal ini dapat disebabkan apabila aplikasi yang sedang dijalankan melebihi spesifikasi komputer dan memakan source kompueter terlalu besar. Disebabkan memori bekerja ekstra keras.
Selain itu, virus dan prosesor yang panas juga sangat penting untuk diperhatikan.

0 comments: